9 Distro Linux Terbaik untuk Pengguna yang Berfokus pada Privasi

Beralihlah ke distro Linux berperingkat teratas ini untuk meningkatkan privasi dan keamanan online Anda.

Proliferasi serangan siber dan peningkatan pelanggaran keamanan merupakan masalah yang sangat memprihatinkan di komunitas open-source. Namun, masih ada harapan untuk mengatasi pelanggaran ini, mengingat tekanan berkelanjutan pada distro Linux yang berfokus pada privasi.

OS Linux open-source ini menggabungkan alat, enkripsi, dan taktik virtualisasi terbaik di kelasnya untuk melawan ancaman. Jika privasi menempati urutan teratas dalam agenda Anda, dan Anda perlu beralih ke OS Linux berorientasi keamanan kelas atas, maka Anda harus memeriksa sembilan distro Linux yang tercantum di bawah ini.

1. Linux Kodachi

Kodachi adalah distro Linux berbasis Debian yang disesuaikan dengan lingkungan XFCE yang berjalan mulus dari DVD, stik USB portabel, dan bahkan kartu SD. Itu datang dibundel dengan layanan VPN pra-instal dan solusi penelusuran berkemampuan Tor untuk meningkatkan privasi online dan memberikan pengalaman penelusuran yang aman bagi pengguna akhir.

Paket distro DNSCrypt untuk menutupi konfigurasi protokol TCP/IP sehingga semua aktivitas online disaring melalui filter privasi. Selain itu, pengguna dapat mengenkripsi direktori file, email, dan IM mereka dengan alat kriptografi tingkat tinggi yang tersedia di dalam distro.

Sesi langsung Kodachi tidak mungkin dideteksi karena OS membersihkan jejaknya dari sistem host. Aktivitas desktop Anda tetap pribadi, dan aksesibilitas distro ke data sistem Anda tidak pernah tanpa otorisasi.

2. Qubes OS

Qubes OS adalah distro Linux berbasis Fedora, yang menjalankan lingkungan virtual berbasis Xen sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi dan perangkat yang terhubung sebagai komponen yang terisolasi.

Fitur kompartementalisasinya berguna untuk tumpukan jaringan sisi server dan manajemen firewall, bersama dengan komputasi desktop yang berorientasi pada keamanan. Selain itu, integrasi Whonix dengan Qubes memungkinkan ketersediaan Tor di seluruh sistem untuk pengguna.

Qubes OS memfasilitasi penggunaan Split GPG untuk meningkatkan keamanan, memungkinkan pengguna untuk menyimpan kunci pribadi mereka dengan aman. Sebagai langkah tambahan, distro ini memperkuat kemampuan enkripsinya dengan menggunakan isolasi perangkat dan pengaturan proxy U2F, menjadikannya hit instan dengan pengguna yang sadar privasi.

3. Ekor

Tails adalah distribusi Linux langsung yang sangat dicari yang dapat dieksekusi dari berbagai media penyimpanan, termasuk HDD, USB, dan kartu SD.

Sebagai distro Linux, Tails sangat bergantung pada kemampuannya untuk memelihara dan memperluas aspek privasi penggunanya. Bayangkan memiliki OS yang menghapus semua data dan file yang tersimpan, setiap kali Anda mematikan sistem. Untuk menghindari kehilangan data pribadi Anda, Anda perlu menyimpan file Anda di folder terenkripsi.

Tails adalah distro Linux yang mengutamakan privasi yang telah beradaptasi dengan nuansa Tor dengan baik. Selanjutnya, ia menawarkan keuntungan tambahan untuk menghapus data Anda untuk mengaktifkan komputasi berorientasi privasi yang anti gagal setelah setiap kejadian.

Tails dapat dioperasikan sebagai OS yang tidak dapat diubah dengan lapisan enkripsi tambahan untuk melindungi data Anda. Dukungan komunitas yang sangat aktif dan dokumentasi pengguna yang ekstensif menjadikannya OS Linux yang dipengaruhi privasi yang diakui dengan baik.

4. Kali Linux

Kali Linux adalah salah satu distro paling populer untuk teknik keamanan tingkat lanjut. Distro berbasis Debian ini hadir dengan rangkaian lengkap alat dan aplikasi pengujian penetrasi.

Pengoperasian Kali yang out-of-the-box membuatnya menjadi distro yang mudah digunakan untuk pendatang baru. OS menikmati cukup banyak pengembangan dan dukungan komunitas yang membuka jalan bagi dokumentasi yang ekstensif. Ini juga mencakup panduan apa pun yang mungkin Anda perlukan untuk penyesuaian (termasuk penyesuaian ISO) dan paket meta.

Kali menarik pengguna dengan mode penyamarannya dan suite Kali NetHunter untuk pengujian keamanan seluler.

5. BlackArch

BlackArch adalah penantang licik untuk kemampuan pengujian berbasis Linux khusus Kali. Berdasarkan Arch Linux, ia menawarkan rangkaian pengujian yang terdiri dari hampir 3000 alat.

Kemampuan pengemasan modularnya memungkinkan Anda mengemas solusi pengujian untuk eksekusi portabel pada sistem target apa pun.

BlackArch menawarkan dokumentasi yang ekstensif, dan lingkungan desktop XFCE-nya semakin memudahkan navigasi bagi pemula. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa lingkungan desktop hanya menggunakan pengelola jendela yang telah dikonfigurasi sebelumnya, membuatnya sangat menyenangkan untuk digunakan.

BlackArch tersedia dalam versi Full dan Slim , tergantung bagaimana Anda ingin menggunakan distro. Ini juga memiliki komunitas yang mendukung yang membuat pemecahan masalah menjadi nyaman.

6. OS burung beo

Parrot OS adalah penyertaan yang tak terhindarkan dalam daftar distro Linux yang berorientasi keamanan. Parrot OS, berdasarkan Debian, melayani berbagai aplikasi komputasi keamanan siber, sama seperti beberapa rekanannya.

Kerangka kerja perangkat lunak yang dibundel sistem Parrot OS membantu penggunanya dengan rekayasa balik dan tugas forensik digital. Distro ini menganggap keamanan lebih serius daripada yang sezamannya dengan repositori aplikasi enkripsi-sentrisnya. Ini membatasi semua aktivitas Linux Anda melalui lingkungan virtualnya yang terkotak pasir.

Fitur-fitur ini menjadikan Parrot OS salah satu platform sumber terbuka paling tepercaya untuk manajemen pertahanan host data yang berbeda. Parrot menggunakan kombinasi Anonsurf, I2P, dan Tor, di antara utilitas lain untuk menyediakan lingkungan berkemampuan keamanan terbaik bagi pengguna akhir.

7. Septor

Septor berasal dari Debian dan menyerap lingkungan desktop KDE. Distro ini dilengkapi dengan ekosistem perangkat lunak yang lengkap, sehingga menawarkan solusi desktop open-source yang aman dan terpisah.

Pengguna akan menemukan aplikasi paket yang melayani layanan web terenkripsi berbasis Tor. Beberapa aplikasi Tor khas termasuk Tor Browser, OnionShare, PrettyRSS, HexChat, dan Thunderbird, di antara banyak lainnya.

Septor, sebagai distro berbasis privasi, sangat mirip dengan Tails, tetapi memiliki faktor pembeda dalam hal antarmuka desktop dan media instalasi.

8. Whonix

Whonix adalah distro berbasis Debian yang menggunakan Kicksecure Security untuk memungkinkan sistem Anda berjalan di dalam beberapa mesin virtual sehingga Anda selalu bekerja di dalam perimeter yang aman.

Atribut Whonix menerapkan lingkungan komputasi “Torified” yang membantu pengguna menyembunyikan identitas dan kredensial mereka dari penyerang siber.

Pengaturan booting langsung distro mudah untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut, terutama dalam hal instalasi dan pengoperasian. Pengacakan jam boot yang bagus dari Whonix dan anonimisasi keystroke melindungi pengguna yang tidak terbiasa dengan praktik keamanan dunia maya.

9. Alpine Linux

Alpine Linux adalah distro langsung tujuan umum yang dirancang untuk penjelajahan web anonim dan perlindungan tingkat tinggi dari malware tingkat lanjut.

Alpine Linux didasarkan pada perpustakaan libc musc dan BusyBox; ini adalah OS sumber terbuka yang hemat sumber daya dengan footprint yang sangat kecil.

Sebaliknya, jangan biarkan atribut seperti itu membodohi Anda sehingga mengabaikan manajer paket, APK, dan kemampuan skrip shell yang luar biasa.

Pengguna dapat menggunakan GNOME atau XFCE sebagai lingkungan desktop pilihan. Alpine selanjutnya menangani virtualisasi OS yang aman dengan bekerja secara sinergi dengan Docker.

Menggunakan Distro Linux untuk Mendorong Privasi dan Keamanan

Di dunia saat ini, ada banyak pelanggaran keamanan dan serangan dunia maya yang terjadi di pasar. Karena semakin banyak individu dan bisnis menjadi mangsa serangan ini, menjadi semakin penting untuk tetap waspada dan menggunakan distribusi yang aman untuk melakukan penawaran Anda.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi WartaINET.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *