Belajar Microsoft Word dari A-Z (Panduan Lengkap)

Belajar Microsoft Word dari A-Z (Panduan Lengkap)

Di masa pertumbuhan teknologi dan Info kala ini, belajar Microsoft Word sanggup ditunaikan secara lebih ringan dan praktis. Pasalnya, tersedia banyak sekali konten postingan maupun tutorial video di internet yang sanggup dijadikan panduan belajar. Salah satunya adalah postingan artikel ini.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata paling paling populer, dan biasanya menjadi salah satu skill yang kudu dimiliki kala melamar pekerjaan, khususnya kerja kantoran. Meskipun keluar sederhana, namun Word mempunyai banyak fitur yang tidak jarang membawa dampak bingung.

Cara Mudah Belajar Microsoft Word untuk Pemula teknopax.com
1. Menginstal Microsoft Office
Menginstal Microsoft Office

Langkah pertama yang kudu dipersiapkan di dalam belajar Ms Word adalah menginstal Office 2010 dikarenakan fiturnya lebih lengkap dibandingkan, bersama versi Office Word 2007.

2. Membuka Dokumen
Membuka Dokumen

Pada software Ms Word 2010/2013/2016 biasanya pengguna akan disuguhkan bersama sebagian tampilan template. Pilih anggota “Blank Document” untuk membawa dampak dokumen baru. Pada halaman sesudah itu memilih menu “File >> New >> Blank Document.”

3. Aplikasikan Satuan Centimeter
Aplikasikan Satuan Centimeter

Satuan ukuran default Ms Word biasanya mengaplikasikan inch. Namun, masyarakat Indonesia sebetulnya lebih familiar bersama centimeter (cm). Untuk mengubahnya, maka sanggup menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

Klik “File”
Pilih “Options”
Klik tab “Advanced”
Pilih “Display”
Klik “Centimeter” di anggota “Show Measurements in Units of”
Pilih “OK”
4. Mengubah Jenis Font
Mengubah Jenis Font

Setiap dokumen di Word mempunyai ketetapan tipe font dan ukuran masing-masing, terhitung terhitung menulis Arab di Word. Untuk merubah font, sanggup masuk ke menu “Home” lantas klik “Font”. Sedangkan untuk memblok semua postingan sanggup tekan “Ctrl+A”.

5. Mengatur Page Setup & Margin
Mengatur Page Setup & Margin

Pengaturan halaman atau page setup ditunaikan bersama memakai satuan centimeter. Selain itu, tersedia terhitung margin untuk menyesuaikan jarak dari ujung halaman sampai mengisi dokumen yang sanggup sesuai bersama kebutuhan pengguna. Jadi, dokumen tampak lebih rapi.

Margin sanggup diatur pada 4 tempat, yakni:

Atas
Kiri
Kanan
Bawah
Pada pengaturan defaultnya, margin-margin tersebut mempunyai ukuran 2,54 cm pada setiap sisi. Supaya lebih mudah, sebaiknya margin diatur sebelum akan menjadi membawa dampak postingan di Word.

Cara merubah ukuran margin:

Klik tab “Layout”
Klik ikon di samping postingan “Page Setup”
Pilih anggota yang inginkan diubah ukurannya pada “Margins”
NB: Selain margin, pengguna sanggup menyesuaikan orientasi “Portrait” atau “Landscape”, sehabis itu klik “OK” atau “Enter” di salah satu orientasi cocok kebutuhan. Pengguna terhitung sanggup menyesuaikan tipe kertas pada anggota “Paper” dan memilih tipe kertas di “Paper Size”.

6. Mengelola Paragraf
Mengelola Paragraf

Paragraf merupakan sebuah blok berisi sebagian kalimat dan berguna berikan jeda baca sehingga dokumen lebih ringan dibaca, lebih-lebih di dalam karya tulis ilmiah. Untuk membawa dampak paragraf baru, tekan “Enter” pada keyboard, sesudah itu ketik paragraf kedua.

Sedangkan untuk menyesuaikan paragraf, mengikuti langkah di bawah ini:

Klik paragraf yang inginkan diubah
Pilih tab “Home”
Klik ikon “Paragraph”
Pilih “Alignment” untuk menyesuaikan arah postingan pada paragraf
Klik “Indentation” fungsi berikan jarak margin kiri dan kanan (sebaiknya cuma tambahkan di baris pertama memakai First Line)
Untuk menyesuaikan jarak before dan after paragraf, aplikasikan “Spacing”
Klik “OK”
7. Menggunakan Page Break
Menggunakan Page Break

Ms Word akan membawa dampak halaman baru secara otomatis kala halaman pertama tidak lumayan untuk menampung postingan dokumen. Akan tetapi, seringkali terdapat persoalan saat inginkan membawa dampak new page walau pada halaman sebelumnya masih mempunyai daerah kosong.

Tidak sedikit pengguna Ms Word yang belum sanggup membawa dampak halaman baru secara baik dan benar. Sebagian besar orang biasanya menghimpit enter berulang kali bila masih tersisa jarak pada halaman lama. Padahal, walau ringan namun langkah tersebut salah besar.

Untuk membawa dampak page break yang benar, sanggup mengikuti panduan di bawah ini:

Klik tab “Insert”
Pilih anggota “Pages”
Klik “Page Break”
Secara otomatis Word akan mengisi space kosong tanpa mengganggu tulisan
8. Header & Footer serta Page Number
Header Footer serta Page Number

Nomor halaman sanggup ditambahkan memakai Header & Footer. Caranya adalah bersama mengklik tab “Insert”, lantas memilih antara “Header / Footer”. Setelah itu, memilih tipe yang diinginkan, dan melihat sendiri bagaimana hasilnya. Bagaimana, benar-benar mudah, bukan?

Selain Header & Footer, pengguna terhitung sanggup memakai “Page Number” untuk menghadirkan no halaman bersama tampilan yang tampak lebih sederhana.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *