Ragam Jenis Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan Rumah

Ragam Jenis Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan Rumah

Kayu merupakan salah satu material alam yang benar-benar serbaguna. Material yang satu ini bisa diolah jadi beraneka produk, andaikata kerajinan tangan, furnitur, product kecantikan hingga bahan bangunan.

Ketika mengolah kayu jadi bahan bangunan, jenis kayu yang digunakan tidak boleh sembarangan. Lantaran akan dimanfaatkan untuk menopang suatu bangunan, kayu yang digunakan tentu perlu punya pembawaan kuat, kokoh, dan tahan lama.

Nah, apa saja jenis kayu yang punya pembawaan tersebut agar cocok dijadikan bahan bangunan? Berikut uraiannya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Furniture Kayu di Rumah

Kayu jati ultimate small shop review

Kayu jati sesungguhnya kondang bersama sifatnya yang kuat dan tahan lama. Menurut laman PT Eticon, kelebihan kayu jati tidak cuma terdapat pada kekuatannya saja, namun termasuk ketahanannya pada rayap dan penampilannya yang indah.

Walaupun kayu jati tergolong mahal, harganya benar-benar sepadan bersama kualitas yang ditawarkan, agar jenis kayu ini banyak diincar sebagai bahan bangunan.

Kayu merbau

Selanjutnya, ada kayu merbau yang punya kualitas setara bersama kayu jati. Jadi, kayu merbau sering berperan sebagai pengganti atau alternatif berasal dari kayu jati.

Karena kualitasnya yang setara bersama kayu jati, harga kayu merbau biasanya cukup mahal. Namun, harga kayu merbau condong lebih rendah daripada kayu jati.

Ketika telah diolah jadi bahan bangunan, kayu merbau biasanya dimanfaatkan sebagai penyangga dan tiang untuk atap rumah dikarenakan sifatnya yang kuat dan stabil.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah di Tahun 2022 Berdasarkan Elemen Feng Shui

Kayu ulin

Kayu ulin adalah jenis kayu yang kondang dikarenakan benar-benar kuat dan kokoh, agar banyak digunakan sebagai bahan bangunan.

Dikutip berasal dari Courtina, kebolehan kayu ulin telah lama terbukti dikarenakan sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tiang pancang, bantalan rel kereta api, bahkan konstruksi jembatan dan dermaga.

Selain punya kebolehan dan daya tahan yang tinggi, kayu ulin termasuk jenis kayu yang keras dan kasar dikarenakan sulit dipaku dan digergaji. Karena sifatnya tersebut, kayu ulin kadang disebut sebagai kayu besi.

Baca Juga: Mengenal Decking Kayu untuk Eksterior Rumah, Simak Kegunaannya!

Kayu gaharu

Kayu gaharu adalah salah satu jenis kayu termahal di dunia dikarenakan kualitasnya yang benar-benar tinggi. Sama layaknya jenis-jenis kayu sebelumnya, kayu gaharu punya batang yang keras, berat, dan tahan pada paparan cuaca. Di samping itu, kayu gaharu punya getah beraroma wangi yang berfungsi ganda sebagai pencegah hama dan rayap.

Karena itu, kayu gaharu benar-benar cocok dijadikan bahan bangunan rumah. Selain itu, kayu gaharu termasuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku furnitur outdoor.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *